Cara Mudah Mengajukan Edit Data NISN Pada Aplikasi Verval PD Kemenag

Pada Sabtu, Juni 20, 2015


Cara Edit Data NISN Pada Aplikasi Verval PD Kemenag

Sahabat Abdima,
Mengupayakan agar seluruh siswa di Madrasah kita memiliki NISN bisa dibilang suatu keharusan, karena dengan nomor yang bersifat unik inilah jejak riwayat pendidikan siswa tersebut akan terekam oleh karena nomor unik ini berlaku untuk seumur hidup dan terus menerus digunakan untuk kepentingan pendidikan siswa tersebut sejak pendidikan tingkat dasar hingga menyelesaikan pendidikannya pada perguruan tinggi.

Dengan telah dirilisnya Aplikasi Verifikasi dan Validasi Peserta Didik Kementerian Agama (Verval PD Kemenag) maka pengajuan dan pengelolaan NISN siswa Madrasah dapat dilakukan dengan mudah yakni cukup dengan mengakses Aplikasi Verval PD Kemenag kemudian melakukan Verifikasi dan Validasi terhadap siswa madrasah kita masing-masing yang telah muncul pada aplikasi tersebut dari hasil singkronisasi data emis sehingga kita tidak perlu repot lagi entri siswa satu persatu.
Silahkan Baca :

Ada sedikit hal atau masalah yang seakan menjadi masalah nasional dalam hal verval NISN siswa Madrasah ini dimana dari hasil singkronisasi emis tersebut banyak sekali terjadi kesalahan dalam penulisan tanggal dan bulan lahir, lebih tepatnya rata-rata siswa yang memiliki tanggal lahir 12 kebawah maka tanggal lahirnya terbalik dengan bulan lahirnya. Misalkan data pada emis tanggal lahir siswa 02/01/2005 (02 Januari 2005), data pada NISN tanggal lahir siswa tersebut kebalik menjadi 01/02/2005 (01 Februari 2005). Menurut beberapa informasi yang kami baca, kesalahan tersebut terjadi kemungkinan dikarenakan adanya perbedaan format penanggalan pada aplikasi Emis dengan aplikasi NISN.

Meski demikian kita tidak perlu khawatir dengan kesalahan data tersebut diatas karena pada Aplikasi Verval PD Kemenag telah menyediakan menu untuk melakukan edit data jika terjadi kesalahan data siswa kita pada data NISN. Pada menu edit data ini kita bisa mengajukan edit data NISN dan juga bisa mengajukan edit data Nama dan Tanggal Lahir.

  1. Buka Situs Verval PD Kemenag ( vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id);
  2. Masuk menggunakan username dan password operator VervalPD Kemenag Kab/Kota;
  3. Setelah terbuka laman Verval PD kemenag, silahkan arahkan kursor pada menu edit data lalu pilih sub menu pengajuan lalu pilih dan klik Nama & tanggal lahir;
  4. Setelah terbuka laman edit data, silahkan pilih nama madrasah dan kemudian klik pilih siswa maka laman akan menampilkan seluruh data siswa pada madrasah yang telah kita pilih;
  5. Pilih dengan cara menge-klik salah satu siswa yang datanya akan kita edit kemudian klik OK
  6. Selanjutnya akan terbuka laman edit Nama dan Tanggal lahir, silahkan tulis nama baru pada kolom yang disediakan (meskipun tidak ada perubahan nama), ganti tanggal lahir pada kolom yang telah disediakan (bisa dengan cara ketik manual ataupun dengan menggunakan kalender yang telah disediakan), dan yang terakhir adalah upload dokumen pendukung dan klik tombol pengajuan perubahan.
Catatan :
  • Dokumen Pendukung yang dilampirkan sebagai pelengkap pengajuan harus dalam format jpg atau png;
  • Dokumen tersebut berupa Scan akte kelahiran/surat keterangan lahir/ijazah
  • Jika dokumen yang di scan tersebut foto copy maka harus dilengkapi dengan stempel madrasah dan ditandatangani oleh Kepala Madrasah
Untuk lebih jelasnya mengenai langkah-langkah mengajukan edit data Nama dan Tanggal Lahir pada Aplikasi Verval PD Kemenag, sahabat abdima kami persilahkan mengunduh panduan yang telah kami sertai dengan gambar pada tautan dibawah ini :
Panduan Edit Nama Dan Tanggal Lahir Pada Data NISN


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »