RA Kartini : Biografi, Surat, Pemikiran, Dan Buku Habis Gelap Terbitlah Terang

Pada Kamis, April 21, 2016


Sahabat Abdima,
Raden Adjeng Kartini sang Pahlawan Nasional Indonesia sebagai pelopor perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita di Indonesia. Sebagai penghormatan atas jasa-jasanya sebagai pelopor kebangkitan perempuan, Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Raden Adjeng kartini atau yang sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Dilahirkan di Jepara - Jawa Tengah, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal dunia di Rembang- Jawa Tengah pada umur 25 tahun yakni pada tanggal 17 September 1904. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

RA Kartini : Biografi, Surat, Pemikiran, Dan Buku Habis Gelap Terbitlah Terang

Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa, putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara. Ia adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI.

Ayah Kartini pada mulanya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi, maka ayahnya menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan (Moerjam), keturunan langsung Raja Madura. Setelah perkawinan itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, R.A.A. Tjitrowikromo.

Karena begitu panjang jika ditulis pada halaman ini maka untuk lebih lanjut, silahkan baca di lembaran-lembaran dibawah ini :


Jika tertarik dengan Biografi, Surat, Pemikiran, Dan Buku Habis Gelap Terbitlah Terang sebagaimana file diatas, silahkan unduh DISINI


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »