Simpatika Kemenag Munculkan fitur Validasi Alokasi Jam Mengajar Pada Madrasah

Pada Rabu, Maret 02, 2016


Sahabat Abdima,
Pengembangan Program SIMPATIKA Tahun 2016 ini pada pelaksanaanya telah dimulai pada semester genap tahun pelajaran 2025/2016 dengan merujuk pada Surat Edaran Ditjen Pendis Nomor Dj. I/PP.00/311/2016 Perihal Pengembangan Program SIMPATIKA Tahun 2016 yang salah satu diantaranya adalah adanya Cetak SKMT (Surat Keterangan Melaksanakan Tugas) dan SKBK (Surat Keterangan Beban Kerja) berbasis online (berbasis isian Jadwal Mengajar).

Simpatika Kemenag Munculkan fitur Validasi Alokasi Jam Mengajar Pada Madrasah

Pada beberapa hari yang lalu menu SKMT dan SKBK pada SIMPATIKA telah muncul pada masing-masing akun PTK. Seiring dengan munculnya menu ini, pada menu keaktifan diri Kepala Madrasah muncul pula adanya fitur Alokasi JTM (Validasi Alokasi Jam Mengajar) yang tepat berada diatas fitur Ajuan Verval Keaktifan kolektif (S25a).

Dengan adanya fitur Alokasi JTM (Validasi Alokasi Jam Mengajar) ini maka Madrasah tidak dapat seenaknya mengalokasikan waktu pada tiap mata pelajaranya karena semua harus berdasar pada kurikulum yang berlaku pada Madrasah dan jika dalam pengisian jadwal mengajar terdapat jumlah jam yang melebihi ketentuan kurukulum maka fitur Alokasi JTM (validasi) ini akan otomatis muncul sebagai tanda adanya peringatan akan adanya kesalahan.

Berikut tampilan jika Madrasah berlebihan pada jenjang MI dalam mengalokasikan waktu pada tiap kelas sehingga memicu munculnya fitur Alokasi JTM (validasi alokasi jam mengajar) :

Menu Validasi Alokasi Jam mengajar Madrasah

Dengan kemunculan kotak merah di atas fitur Ajuan Verval Keaktifan kolektif (S25a) maka kita belum dapat mengajukan Keaktifan kolektif (S25a) karena alokasi jam mengajar pada Madrasah kita dianggap masih salah dan kita diminta untuk mengecek kembali kebenaran data atau alokasi waktu pada jadwal mengajar.

Untuk menghindari munculnya kotak merah diatas fitur Ajuan Verval Keaktifan kolektif (S25a) dan supaya kita dapat mencetak ajuan kolektif (S25a) maka satu-satunya jalan adalah dengan mengikuti kemauan sang pemilik fitur yakni dengan jalan memperbaiki jumlah jam mengajar yang dianggap salah karena berlebihan tersebut artinya jumlah jam harus sama dengan alokasi waktu yang telah ditentukan oleh SIMPATIKA.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »