Dua Siswi Madrasah ini Raih Medali Emas Pada Science Project Olympiad (ISPO) 2016

Pada Jumat, Februari 26, 2016


Sahabat Abdima,
Kretifitas merupakan hasil tertinggi pendidikan. Madrasah sebagai lembaga pendidikan telah menciptakan anak-anak yang kreatif, sehingga mampu menghasilkan produk-produk yang inovatif yang bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah inovasi 2 siswi MTsN 1 Malang Jawa Timur, Amelia Putri Wulandari (putri dari Dedi Kuswandi dan Nunung Suryati) dan Nalita Livia Chandradevi (putri dari Djoko Soeminardono dan almarhumah Retno Anggraeni).

Dua Siswi Madrasah ini Raih Medali Emas Pada Science Project Olympiad (ISPO) 2016

Untuk menmbantu mengatasi problem besar bagi peternak sapi perah yakni adanya penyakit mastitis yang didera oleh sapi sebab bakteri yang masuk melalui puting sapi. Penyakit ini bisa menurunkan kualitas dan produksi susu, Kedua Siswi MTsN 1 Malang tersebut menciptakan alat terapi untuk membunuh bakteri pada sapi perah yang terkena penyakit mastisis (Mastitis Therapeutic Technology: Innovation of Dairy Cows Matitis Therapeutic Tool Through Electroporation Technology).

"Penyakit mastitis merupakan masalah utama dalam peternakan sapi perah di Indonesia karena menyebabkan kerugian cukup besar yaitu penurunan produksi susu, penurunan kualitas susu, biaya perawatan dan pengobatan yang cukup tinggi. Mastitis disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus," jelas Amelia Putri Wulandari.

Bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam ambing sapi perah melalui lubang puting dan menginfeksi kelenjar ambing sapi perah. Infeksi bakteri inisemakin sulit ditangani dengan antibiotik karena bakteri ini semakin resisten (bertahan hidup) terhadap berbagai jenis antibiotik kimia.

Permasalahan tersebut menjadikan pengobatan mastitis menggunakan prinsip elektroporasi sebagai solusi yang aplikatif untuk peternak sapi perah. Inovasi teknologi elektroporasi terbukti mampu mematikan bakteri penyebab mastitis pada ambing sapi perah. Paparan listrik bertegangan mini melalui dua elektroda dengan penyetruman listrik arus searah, tegangan 9 volt dan frekuensi 2000 hertz selama 8 menit menyebabkan membran sel bakteri penyebab mastitis lisis dan mati.

Sedangkan Nalita mengungkapkan bahwa pada dasarnya, tujuan dari penelitian inovatif ini adalah merancang alat terapi mastitis dengan menggunakan teknologi elektroporasi dan melakukan pengujian aktivitas bakteri secara laboratorium di Unversitas Brawijaya maupun secara lapangan di peternakan sapi perah di Kecamatan Dau, Malang.

Berdasarkan uji aktivitas bakteri menunjukkan bahwa terdapat pengaruh elektroporasi terhadap bakteri staphylococcus aureus penyebab mastitis pada sapi perah. Uji aktivitas bakteri dilakukan berdasarkan waktu yaitu 5-10 menit diperoleh hasil terbaik uji in-vitro pada waktu 8 menit.

"Pengujian aktivitas bakteri menggunakan metode difusi. Adanya zona bening di sekitar zona perlakuan merupakan adanya pengaruh elektroporasi terhadap aktivitas bakteri. Berdasarkan hasil uji California Mastitis Test (CMT) menunjukkan alat terapi mastitis pada ternak yang menderita mastitis dapat menurunkan jumlah bakteri hingga Skor CMT (+1). Hal ini membuktikan bahwa elektroparasi mampu membunuh dan menurunkan jumlah bakteri Staphylococcus aureus yang ada di dalam ambing," papar Nalita. Dengan demikian produksi dan kualitas susu sapi perah semakin membaik.

Inovasi 2 siswi MTsN 1 Malang Jawa Timur ini dilombakan pada ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2016 yang digelar di Semarang pada 20 sampai dengan 21 Februari lalu dan Hasilnya sangat membanggakan. Mereka mendapatkan Medali Emas untuk kategori Bidang Teknologi.
Sumber : Ditjen Pendis


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »