Silabus Kurikulum 2013 Mapel PAI Dan Bahasa Arab Untuk Madrasah Tsanawiyah

Pada Rabu, November 04, 2015


Sahabat Abdima,
Salah satu hal yang membedakan Kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya adalah mengenai penyusunan / pengembangan silabus. Dalam Kurikulum 2006, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan oleh oleh ataupun di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Silabus Kurikulum 2013 Mapel PAI Dan Bahasa Arab Untuk MTs

Dalam Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Pasal 8 dijelaskan bahwa Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema pembelajaran tertentu yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Pada Mapel PAI dan Bahasa Arab secara umum, untuk setiap materi pokok pada setiap silabus terdapat 4 KD sesuai dengan aspek KI (sikap kepada Tuhan (spiritual), sikap diri dan terhadap lingkungan (sosial), pengetahuan, dan keterampilan). Untuk mencapai 4 KD tersebut, di dalam silabus dirumuskan kegiatan peserta didik secara umum dalam pembelajaran berdasarkan standar proses.

Tahun pelajaran 2015/2016 merupakan tahun kedua pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk Mapel PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Adapun untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) jika pada tahun yang lalu baru untuk kelas VII maka untuk tahun ini implementasi kurikulum 2013 pada MTs dilaksanaka pada 2 kelas, yakni pada kelas VII (Tujuh) dan VIII (Delapan).

Bagi rekan-rekan Guru Madrasah Tsanawiyah (Mts) yang selama ini bertanya sekaligus membutuhkan adanya Silabus Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah (Mts) untuk Kelas VIII dan sekaligus juga revisi Silabus untuk Kelas VII silahkan unduh pada tautan dibawah ini :
SILABUS K13 MAPEL PAI DAN BAHASA ARAB MTs

Silabus sebagai acuan pengembangan RPP memuat identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, kompetensi inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »