Download Prota dan Promes Untuk Kelas 1 dan 4 SD/MI Kurikulum 2013

Pada Kamis, September 25, 2014


Prota dan Promes Kurikulum 2013


Assalamu'alaikum Sahabat Abdima,
Sebagaimana telah di implementasikanya kurikulum baru yakni Kurikulum 2013 maka konsekuensi logis dari bergulirnya kurikulum baru tersebut adalah kita harus segera melakukan penyesuaian dalam membuat perangkat pembelajarannya dan termasuk diantaranya adalah membuat Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes/Prosem). Kedua perangkat ini hampir sama dalam tujuanya yakni untuk memetakan alokasi waktu setiap kompetensi yang akan dibelajarkan selama satu tahun dan satu semester.

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (KI dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan atau tema yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.

Bagi sahabat Abdima Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang kebetulan belum membuat atau memiliki Prota dan Promes untuk kelas 1 dan 4 Kurikulum 2013, sebagai tambahan bahan referensi dalam membuat kedua perangkat tersebut maka berikut ini silahkan diunduh Prota dan Promes Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 dan 4 Madrasah ibtidaiyah (MI).

Kelas 1 :
Kelas 4 :
Demikian info mengenai Prota dan Promes Kelas 1 dan 4 SD/MI Kurikulum 2013, semoga ada manfaatnya.(Abdi Madrasah)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »