Buku Teks Pelajaran PAI dan Bahasa Arab jenjang MI Sesuai KMA Nomor 183 Tahun 2019

Pada Rabu, Juli 08, 2020


Sahabat Abdima,
Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan buku ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan.

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan komuniskasi di era global mengalami perubahan yang sangat cepat dan sulit diprediksi. Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada madrasah harus bisa mengantisipasi cepatnya perubahan tersebut di samping menjalankan mandat mewariskan budayakarakter bangsa dan nilai-nilai akhlak pada peserta didik.

Buku Teks Pelajaran PAI dan Bahasa Arab jenjang MI Sesuai KMA Nomor 183 Tahun 2019

Seiring dengan terbitnya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah di mana diberlakukan mulai tahun pelajaran 2020/2021 ini, maka Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan buku teks pelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kurikulum baru tersebut.

Adapun buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang telah diterbitkan untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) meliputi Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab pada semua tingkatan kelas. Bagi yang membutuhkan Buku Teks Pelajaran PAI dan Bahasa Arab jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) silahkan diunduh pada tautan di bawah ini :
AL-QUR’AN HADITS MI
AKIDAH AKHLAQ MI
FIQIH MI
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MI
BAHASA ARAB MI

Buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang diterbitkan Kementerian Agama merupakan buku wajib bagi peserta didik dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah. Agar ilmu berkah dan manfaat perlu keikhlasan dalam proses pembelajaran, hubungan guru dengan peserta didik dibangun dengan kasih sayang dalam ikatan mahabbah fillah, diorientasikan untuk kebaikan dunia sekaligus di akhirat kelak.
Meski sudah harus digunakan mulai tahun pelajaran 2020/2021 ini namun pemberlakuanya masih bersifat sementara dan buku-buku tersebut sebagian belum memiliki kode pengidentifikasian buku yang berifat unik yakni ISBN (International Standard Book Number). Pemberlakuan sementara ini dimaksudkan sebagai masa uji publik sehingga terbuka untuk menerima saran dan masukan dari berbagai kalangan guna meningkatkan kualitas buku ini.

Demikian sekedar berbagi dari dari kami mengenai Buku Teks Pelajaran PAI dan Bahasa Arab jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sesuai KMA Nomor 183 Tahun 2019, semoga ada manfaatnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »