Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Harus Zero Kekerasan Dan Kemubadziran

Pada Minggu, Juli 17, 2016


Sahabat Abdima,
Kegiatan belajar mengajar tahun pelajaran 2016/2017 pada Madrasah secara umum akan mulai dilaksanakan besok pagi hari senin tanggal 18 Juli 2016, Kenapa kami katakan secara umum karena pada beberapa Madrasah tertentu ada yang sudah memulai KBM Tahun Pelajaran 2016/2017 sejak hari sabtu kemarin.

Seiring dengan masuknya tahun pelajaran baru maka bagi para peserta didik baru tentu akan menjalani pengenalan lingkungan pendidikan yang baru dan untuk pengenalan ini oleh pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama disebut dengan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah yang selanjutnya disingkat MATSAMA yakni kegiatan yang dilaksanakan untuk peserta didik baru di Madrasah.

Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Harus Zero Kekerasan Dan Kemubadziran

Sebagaimana kami kutip dari situs resmi Kementerian Agama, Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan menyampaikan beberapa point penting terkait kegiatan Matsama yang antara lain :
  • Matsama merupakan serangkaian kegiatan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Pengenalan itu meliputi kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, pengenalan organisasi, sistem pembelajaran, serta pengenalan civitas madrasah.
  • Matsama perlu dilakukan sebagai upaya menjembatani siswa mengenali lingkungan barunya.
  • Matsama harus diisi dengan kegiatan edukatif, tetap mentaati peraturan atau tata tertib, serta menjunjung tinggi norma yang berlaku di madrasah.
  • Matsama wajib berisi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan
  • Matsama direncanakan dan diselenggarakan oleh guru karenanya dilarang adanya keterlibatan siswa senior dan atau alumni sebagai penyelenggara.
Selain point tersebut diatas Direktur Pendidikan Madrasah juga menegaskan bahwa Matsama dilarang bersifat perploncoan atau tindak kekerasan yang lainnya dan untuk itu telah diterbitkan surat edaran kepada Kanwil Kemenag Provinsi di seluruh Indonesia untuk diteruskan kepada madrasah dimana pada surat edaran tersebut mengatur sanksi yang akan diberikan atas pelanggaran terhadap aturan yang telah ditetapkan, utamanya terkait dengan tindak kekerasan atau perpeloncoan.

Demikian info mengenai Masa Ta'aruf Siswa Madrasah Harus Zero Kekerasan Dan Kemubadziran, selamat memasuki tahun pelajaran baru yakni tahun pelajaran 2016/2017 semoga madrasah semakain baik, senantiasa lebih baik, dan menjadi lembaga pendidikan yang terbaik._Abdi Madrasah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »