Proses Keaktifan Dan Cetak kartu PTK Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada SIMPATIKA Kini Lebih Mudah

Pada Jumat, Oktober 23, 2015


Sahabat Abdima,
Mungkin ada yang masih ingat, terakhir kali kami berbagi informasi terkait NUPTK Guru RA dan Madrasah yakni Kemenag Resmi Gunakan SIMPATIKA (Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Kementerian Agama) untuk pendataan PTK RA dan Madrasah. Hal tersebut seiring dengan telah diterbitkanya surat edaran Direktorat jenderal Pendidikan Islam Nomor : DJ.I/PP.00.6/3541/2015 Perihal Penggunaan Sistem Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada binaan Direktorat Pendidikan Madrasah.

Proses Keaktifan Dan Cetak kartu PTK Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015

Pada point 2 surat edaran Dirjen Pendis diatas menyebutkan bahwa pelaksanaan keaktifan dan pemutakhiran data PTK pada periode Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 berlangsung mulai tanggal 26 September 2015 hingga 31 Desember 2015. Adapun Proses keaktifan dilaksanakan secara mandiri dan berjenjang sesuai dengan prosedur yang berlaku di Kementerian Agama, meliputi : Ajuan Keaktifan Individu, Isian Jadwal Kelas Mengajar Pendidik (Guru ), Ajuan Kolektif PTK dan Cetak kartu Digital PTK.

Setelah adanya pembaharuan pada SIMPATIKA, Kini prosedur keaktifan PTK sedikit berbeda dengan sebelumnya dimana proses keaktifan PTK yang ditandai denga cetak kartu digital PTK saat ini lebih mudah karena tidak lagi harus menunggu persetujuan keaktifan kolektif (S25) dari Operator Mapenda setempat, setiap PTK dapat langsung mencetak kartu digital masing-masing melalui akun PTK nya. Namun untuk kepala Madrasah tetap harus melalui prosedur ajuan kolektif (S25) untuk dapat mencetak kartu digitalnya.

  1. Login sebagai PTK pada http://kemenag.siap.id/;
  2. Silakan isi PegID/NUPTK dan password login akun PTK Anda dan pilih layanan PTK jika telah berhasil login;
  3. Pada halaman dasbor PTK Anda akan ditampilkan status keaktifan Anda;
  4. Selanjutnya, klik Periksa Portofolio, untuk memeriksa portofolio Anda;
  5. Klik tombol Aktifkan untuk periode Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester 1;
  6. Langkah terakhir, Klik tombol Cetak Kartu untuk mencetak kartu digital PTK;
  7. Selamat, kartu digital PTK sebagai tanda keaktifan PTK periode Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 telah berhasil dicetak.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »