Kemenag Resmi Gunakan SIMPATIKA Untuk Pendataan PTK RA Dan Madrasah

Pada Sabtu, Oktober 03, 2015


Kemenag Resmi Gunakan SIMPATIKA Untuk Pendataan PTK RA Dan Madrasah

Sahabat Abdima,
Pada beberapa waktu yang lalu kami telah berbagi informasi mengenai Inilah Situs Pusat Pelayanan PTK Kemenag Tindak Lanjut Padamu Negeri dan dalam info tersebut telah kami sampaikan bahwa tanda-tanda Kemenag masih akan menggunakan PADAMU NEGERI telah nampak terlihat dengan telah mulai dipublikasikanya situs Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Kementerian Agama (SIMPATIKA) yang beralamatkan pada http://kemenag.siap.id/.

Karena pada waktu itu masih merupakan tanda-tanda maka kami tulis pula pada info tersebut meskipun telah begitu jelas adanya situs Layanan SIMPATIKA yang merupakan tindak lanjut dari Program Padamu Negeri, alangkah bijaksananya kalau kita tetap masih menunggu kebijakan dan surat resmi dari Kemenag terkait kelanjutan Padamu Negeri sekaligus penggunaan situs ini.

Perlu diketahui bahwa saat ini atau tepatnya sejak tanggal 25 September 2015 situs SIMPATIKA telah resmi dapat digunakan. Hal tersebut seiring dengan telah diterbitkanya surat edaran Direktorat jenderal Pendidikan Islam Nomor : DJ.I/PP.00.6/3541/2015 Perihal Penggunaan Sistem Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada binaan Direktorat Pendidikan Madrasah.
DOWNLOAD SE TENTANG PENGGUNAAN SIMPATIKA

Dalam surat Dirjen Pendis yang ditujukan Kepada Kepala kanwil Kemenerian Agama Provinsi Up. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam Seluruh Indonesia tersebut disampaikan bahwa sebagai tindak lanjut atas program pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang berkelanjutan dilingkungan Madrasah Tahun Pelajaran 2015-2016 maka Direktor Pendidikan Madrasah akan menggunakan SIMPATIKA (Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Kementerian Agama) berbasis pada Aplikasi SIAP Online untuk pendataan seluruh PTK pada binaan Direktorat Pendidikan Madrasah.

Adapun pelaksanaan keaktifan dan pemutakhiran data PTK pada periode Semester I Tahun Pelajaran 2015-2016 berlangsung mulai tanggal, 26 September 2015 hingga 31 Desember 2015. Proses keaktifan dilaksanakan secara mandiri dan berjenjang sesuai dengan prosedur yang berlaku di Kementerian Agama, meliputi : Ajuan Keaktifan Individu, Isian Jadwal Kelas Mengajar Pendidik (Guru ), Ajuan Kolektif PTK dan Cetak kartu Digital PTK.

Hasil pemutakhiran melalui layanan SIMPATIKA akan digunakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah sebagai dasar dalam pelaksanaan program-program terkait pengembangan kualitas PTK meliputi : Tunjangan Profesi, Pendidikan danPelatihan, Penilaian kinerja guru dan Verval Nomor Registrasi Guru (NRG).

Dan yang tak kalah penting untuk diketahui bahwa SIMPATIKA akan di integrasikan dengan EMIS (Education Management Informasi System) dan DAPODIK pada Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam pelaksanaan program sertifikasi guru dan penerbitan NRG.

Demikian info mengenai Kemenag Resmi Gunakan SIMPATIKA Untuk Pendataan PTK RA dan Madrasah, semoga ada manfaatnya dan selamat datang serta selamat menikmati layanan SIMPATIKA._Abdi Madrasah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »