Download Buku Dan Aplikasi Simulasi CAT BKN

Pada Kamis, Agustus 28, 2014



Untuk mendukung obyektifitas, transparansi,dan akuntabilitas dalam proses pelaksanaan CPNS maka mulai tahun 2004 Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai BKN melakukan pengkajian dan penelitian tentang sistem rekrutmen berbasis kompetensi, tahun 2006 membuat kajian penilaian Kompetensi Dasar PNS, tahun 2007 melakukan study literaturedan studi banding baik di dalam maupun di luar negeri. Pada tahun 2008 Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai merekrut pegawai pengelola bank soal, sedangkan untuk aplikasi Computer Assisted Test/CATbeserta sarana dan prasana/laboratorium CAT di gedung II lantai 2 dan ruang tes di gedung III difasilitasi Biro Umum dan Perlengkapan, pada tahun yang sama dilakukan uji coba system rekrutmen berbasis CAT.

Pada tahun-tahun berikutnya dilakukan implementasi CAT untuk Tes Jabatan Struktural Eselon IV dan Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian, tepatnya pada tanggal 1 Juni 2009 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Bapak Taufik Effendi) menandatangani prasasti CAT BKN di Gedung III Lt.6.

Sebagai wujud komitmen BKN dalam rekrutmen yang obyektif, akuntabel dan transparan pada tahun 2009 untuk pertama kalinya BKN menggunakan system CAT untuk seleksi CPNS dengan metode rangking, system passing grade diterapkan BKN untuk test CPNS dengan CAT pada tahun 2010, sebagai dasar hukumnya Perka BKN Nomor 9 tahun 2010.

Dalam perkembangnnya penggunaan CAT BKN dari tahun ketahun mengalami peningkatan misalnya tes CPNS ANRI tahun 2010, tes Analis Kepegawaian, tes Jabatan fungsional, tes Jabatan Struktural di beberapa Kementerian/Lembaga dan Pemrov/Pemkab, penggunaan CAT pada tahun 2013 untuk seleksi CPNS mencapai 73instansi/pemprof/pemkab dengan jumlah 200 titik lokasi tes, hal ini telah melampui target capaian kinerja tahun 2013 sebanyak 18 instansi.

Di samping itu CAT BKN menjadi salah satu quick wins nasional dan juga sebagai tempat tujuan study banding. Belum lama CAT BKN ini mengikuti pameran salah satu metode transparansi yang akuntabel yang diselenggarakan oleh KPK. Keberhasilan yang telah dicapai tentunya berkat kerja keras, komitmen pimpinan serta solidaritas dan integritas yang harus dipegang oleh para pengelola serta dukungan seluruh unit.

Ke depan tes TKD CPNS dengan CAT BKN didesain secara masal dan masip seperti saat ini, tetapi dilakukan secara berkala (tes dapat dilakukan setiap hari) dengan menerbitkan Sertifikat TKD, sertifikat tersebut dapat dijadikan dasar untuk melamar di masing-masing instansi dan selanjutnya tinggal mengikuti TKB di instansi yang dituju.

Untuk menjawab tantangan ke depan BKN telah dan sedang menyiapkan baik hardware, software dan jaringan secara bertahap dan berkelanjutan sampai saat ini Seluruh Kanreg BKN telah memiliki 100 PC Client kecuali Kanreg V DKI dan Kanreg IX Jayapura 50 PC clientsedangkan BKN Pusat telah memiliki 145 PC client. Pada Tahun 2014 akan dibangun jalur komunikasi data dari BKN Pusat dengan 4 Kanreg berbasis Virtual Private Network (VPN).

Sesuai dengan Perka BKN Nomor 5 tahun 2013 struktur organisasi dan tata kerja BKN yang membidangi CAT mengalami perubahan antara lain semula Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai menjadi Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) PNS. PPSR PNS dalam memfasilitasi tes dengan CAT tidak hanya melibatkan dari internal unit PPSR tetapi di dukung dari berbagai unit di BKN terutama SDM di bidang Teknologi Informasi.

Uraian diatas merupakan bagian dari pengantar Buku CAT BKN Untuk Indonesia yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Selain menerbitkan buku tersebut, dalam rangka sosialisasi, BKN juga telah mempublikasikan Aplikasi Simulasi CAT BKN.

Dengan adanya Buku dan Aplikasi Simulasi CAT BKN tersebut mudah-mudahan dapat menjadi salah satu modal dan lebih memantapkan langkah segenap sahabat Abdima yang kebetulan berkehendak mengikuti test seleksi CPNS agar tidak merasa canggung menghadapi test CPNS yang menggunakan Sistem CAT BKN.

Selengkapnya mengenai Buku dan Aplikasi Simulasi CAT BKN, silahkan unduh pada tautan dibawah ini untuk kemudian dibaca dan dipahami dan berlatih mengisi soal dengan Aplikasi yang telah dibuat oleh BKN tersebut.

Silahkan unduh :
Demikian info mengenai Download Buku Dan Aplikasi Simulasi CAT BKN, semoga ada manfaatnya.(Abdi Madrasah)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »