Inilah SKL, Standar Isi Dan Silabus Bahasa Jawa SD/MI Kurikulum 2013

Pada Rabu, September 10, 2014


Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU No 20/2013). Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Kurikulum 2013 menggariskan pencapaian tujuan berdasarkan Permendikbud No 54/2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan, isi dan bahan ajar berdasarkan Permendikbud Nomor 64/2013 tentang standar isi, Permendikbud Nomor 67/68/69/70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/SMP/SMA/SMK serta Permendikbud Nomor 71/2013 tentang buku teks pelajaran. Pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 diatur dalam Permendikbud Nomor 65/2013 tentang Standar Proses, Permendibud Nomor 66/2013 tentang Standar Penilaian, Permendikbud Nomor 81A tentang Implementasi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memenuhi kedua dimensi tersebut.

Bahasa Jawa SD/MI

Kurikulum 2013 Muatan Lokal Bahasa Jawa dikembangkan dengan mempertimbangkan tantangan internal dan eksternal. Tantangan internal terkait dengan tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

Tantangan eksternal terkait dengan arus globalisasi dan berbagai isu yang terkait dengan kemajuan teknologi, informasi perkembangan pendidikan di tingkat nasional dan internasional. Arus globalisasi akan menggeser pola hidup dan budaya masyarakat Jawa. Bila hal ini tidak ditangani secara tepat boleh jadi masyarakat Jawa tinggal nama tanpa kepribadian.

Sedikit ulasan diatas adalah bagian dari pada latar belakang diterapkanya muatan lokal Bahasa Jawa di Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya silahkan unduh SKL, Standar Isi Dan Silabus Bahasa Jawa SD/MI Kurikulum 2013 pada tautan dibawah ini :
Demikian info mengenai SKL, Standar Isi Dan Silabus Bahasa Jawa SD/MI Kurikulum 2013, semoga ada manfaatnya.(Abdi Madrasah)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »