Silabus Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab Untuk Madrasah

Pada Selasa, Agustus 05, 2014


Pada tahun pelajaran 2014/2015 ini sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa Kurikulum 2013 mulai diterapkan di Madrasah dan dalam pelaksanaanya dilakukan secara bertahap. Pada tahun awal penerapanya, di Madrasah Ibtidaiyah akan dilaksanakan untuk Kelas 1 dan 4, di Madrasah Tnanawiyah untuk kelas 7 dan di Madrasah aliyah diterapkan pada kelas 10.

Salah satu hal yang membedakan Kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya adalah mengenai penyusunan/pengembangan silabus. Dalam Kurikulum 2006, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan oleh oleh ataupun di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Silabus Kurikulum 2013 PAI dan Bahasa Arab

Silabus merupakan program pembelajaran yang akan dijadikan dasar untuk membuat rencana pembelajaran. Penyusunan silabus oleh pusat ini dimaksudkan agar pengawasan dan kontrol pendidikan jadi lebih mudah. Sehingga proses pembelajaran tidak menurut cara yang diketahuinya sendiri-sendiri.

Meski tidak guru tidak lagi direpotkan dengan membuat silabus sendiri karena sudah diambil alih oleh pemerintah, namun seorang guru tetap saja dituntut untuk dapat memahami seluruh pesan dan makna yang terkandung dalam silabus, terutama untuk kepentingan pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, upaya untuk mempelajari silabus tetaplah menjadi hal yang penting, baik dilakukan secara mandiri maupun kelompok (khususnya melalui kegiatan bedah silabus dalam forum MGMP), sehingga diharapkan para guru dapat memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan komprehensif dalam memahami seluruh isi silabus yang telah disiapkan tersebut.

Sama halnya dengan Silabus untuk Mata pelajaran Umum yang telah disusun oleh Pemerintah, untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah juga telah disediakan baik untuk Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tnanawiyah maupun untuk Madrasah Aliyah. Tentu Silabus yang telah disediakan ini tidak untuk semua kelas tetapi hanya terbatas bagi kelas yang telah ditentukan melaksanakan kurikulum 2013 pada tahun ini, yakni kelas 1 dan 4 MI, kelas 7 MTs dan Kelas 10 MA.

Berikut ini Silabus Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab untuk Madrasah yang sekiranya dapat para sahabat pelajari dan kemudian digunakan sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mapel tersebut.
Silahkan Unduh :
Silahkan unduh pada link yang telah kami sediakan dan demikian info mengenai Silabus Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab Untuk Madrasah, semoga ada manfaatnya.(Abdi Madrasah)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »