Mata Pelajaran Matematika dan Tugas Utama Guru Matematika

Pada Kamis, Mei 08, 2014


Teori belajar dalam pembelajaran Matematika

Sahabat Abdima,
Mata Pelajaran Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh sebagian siswa.Hasil rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) siswa; baik di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, maupun SMK/MAK yang rendah seakan -akan membenarkan pendapat bahwa matematika m erupakan pelajaran yang sulit. Apalagi kalau kita mempelajari nilai TIMSS atau PISA siswa Indonesia dan membandingkannya dengan nilai siswa dari negara lain.

Tidak hanya itu, ada sebagian siswa menganggap bahwa dirinya tidak memiliki bakat untuk mempelajari matematika. Jika ada siswa yang memiliki anggapan atau keyakinan (belief) seperti itu, maka ia sepertinya sudah memvonis dirinya untuk tidak usah dan tidak akan mampu mempelajari matematika, karena meskipun ia mempelajari matematika maka ia akan tetap tidak akan berhasil mempelajari. Tentunya, anggapan seperti itu cukup mengkhawatirkan dan perlu pemikiran dan penanganan yang lebih cermat untuk dilakukan perbaikan, terutama oleh para guru SD, alasannya jika ada siswa SD yang memiliki anggapan atau keyakinan (belief) bahwa dirinya tidak memiliki bakat untuk mempelajari matematika maka keyakinan tersebut akan terus dibawanya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya oleh guru sebagai praktisi langsung di lapangan pendidikan yang dapat mengubah pola pikir siswa, bahwa matematika yang dianggap sulit menjadi matematika yang dianggap mudah bagi siswa.

Tugas seorang guru matematika menurut Permendiknas 22 Tahun 2006 (Depdiknas, 2006) tentang Standar Isi adalah membantu siswa untuk mendapatkan:
  1. Pengetahuan matematika yang meliputi konsep, keterkaitan antar konsep, dan algoritma;
  2. Kemampuan bernalar;
  3. Kemampuan memecah kan masalah;
  4. Kemampuan mengomunikasikan gagasan dan ide; serta
  5. Sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
Secara umum, tugas utama seorang guru matematika adalah membimbing siswa terkait bagaimana belajar yang sesungguhnya (learning how to learn) dan bagaimana memecahkan setiap masalah yang menghadang dirinya (learning how to solve problems) sehingga bimbingan tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan di masa depan mereka. Karena itu, tujuan jangka panjang pembelajaran adal ah untuk meningkatkan kompetensi para siswa agar mereka ketika sudah meninggalkan bangku sekolah akan mampu mengembangkan diri mereka sendiri dan mampu memecahkan masalah yang muncul.

Demikian artikel mengenai Mata Pelajaran Matematika dan Tugas Utama Guru Matematika, semoga ada manfaatnya._Abdi madrasah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »