Forum Abdima

Forum Abdi Madrasah

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

Besaran Dan Satuan : Satuan SI (System International)

Pada 05.00


Sahabat Abdima,

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang didasarkan pada fakta-fakta atau gejala yang diamati berdasarkan hasil pengukuran. Oleh karena itu pengetahuan pengukuran merupakan hal yang perlu dipahami dan dikuasai oleh seorang ipawan khususnya para guru IPA dan para siswa.

Dengan berbekal pengetahuan pengukuran diharapkan untuk setiap kontek dalam pembelajaran, terutama yang menyangkut pembelajarandengan metode inquari sangatlah penting. Hal ini karena dalam menafsirkan suatu data dari hasil percobaan di laboratorium ataupun dalam hal penafsirkan dari suatu data yang diperoleh dari fenomena alam dapat memberikan kesimpulan dengan tepat.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas megenai Besaran dan Satuan : Satuan SI (Satuan Internasional)

Besaran dan Satuan

Satuan SI

Eksperimen-eksperimen dalam bidang Fisika melibatkan berbagai macam pengukuran, dan pengukuran ini harus diusahakan seakurat mungkin dan reproducible. Langkah pertama agar pengukuran menghasilkan data yang akurat dan data itu tetap sama walaupun diukur oleh orang yang berbeda adalah menentukan satuan besaran yang diukur tersebut. Satuan yang digunakan oleh setiap pengukur tentu saja harus sama. Oleh karena itu perlu dibuat standar sistem satuan yang disepakati oleh setiap pemakai.

Saat ini kita telah memiliki sistem satuan yang berlaku secara internasional, yaitu satuan SI. SI adalah kependekan dari frase Système International d'Unités, bahasa Perancis. Satuan SI ini diadopsi dari sistem metrik yang sudah digunakan oleh para ilmuwan Perancis sejak tahun 1795.

Satuan SI diatur oleh Lembaga Berat dan Ukuran Internasional (The International Bureau of Weights and Measures) di Sevres, Perancis. Sebelum ada standar internasional setiap negara menetapkan sistem satuannya sendiri. Sebagai contoh, satuan panjang di Indonesia dikenal hasta, jengkal dan tumbak,di Inggris dikenal incidan feet,dan di Perancis adalah meter.

Dalam satuan SI ditetapkan bahwa :
  • meter(m) sebagai satuan panjang;
  • kilogram (kg) sebagai satuan massa;
  • sekon sebagai satuan waktu.
Pada awalnya merupakan MKS, yaitu panjang (meter), massa (kilogram), dan waktu (detik).
Selain itu dikenal juga istilah CGS, yaitu:
  • centimeter (cm);
  • gram (g);
  • sekon (s).
Masing-masing untuk satuan panjang, massa, dan waktu.

Saat ini satuan SI secara resmi digunakan di semuanegara di dunia, namun dalam praktek sehari-hari beberapa negara (misalnya Amerika Serikat) masih menggunakan sistem satuan non-SI.

Demikian info mengenai Besaran Dan Satuan : Satuan SI (System International), semoga ada manfaatnya._Abdi Madrasah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »