Karakteristik Bahasa Anak Usia SD/MI : Pengertian Pemerolehan Bahasa Anak

Pada Jumat, April 18, 2014



Sahabat Abdima,
Pada artikel mengenai Pelajaran Bahasa Indonesia ini akan kami share tentang karakteristik bahasa anak usia SD/MI sebagaimana profesi saya yakni sebagai Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI). Karakteristik yang kami maksud terdiri atas pemerolehan bahasa anak dan perkembangan bahasa anak.

Materi ini menurut kami sangatlah penting karena akan memberikan wawasan kepada kita semua tentang bagaimana sesungguhnya cara anak-anak belajar bahasa dan sejak kapan anak-anak mulai belajar bahasa. Pemahaman yang baik mengenai hal tersebut, tentu akan memudahkan kita semua untuk menciptakan suasana pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan situasi, kebiasaan, dan strategi belajar anak yang memungkinkannya menguasai bahasa dengan baik dan benar.

Mari kita mulai belajar bersama mengenai karakteristik bahasa anak usia SD/MI,


- Pengertian Pemerolehan Bahasa Anak

Pemerolehan bahasa (language acquisition) atau akuisisi bahasa menurut Maksan (1993:20)adalah suatu proses penguasaan bahasa yang dilakukan oleh seseorang secara tidak sadar, implisit,dan informal. Lyons (1981:252) menyatakan suatu bahasa yang digunakan tanpa kualifikasi untuk proses yang menghasilkan pengetahuan bahasa pada penutur bahasa disebut pemerolehan bahasa. Artinya, seorang penutur bahasa yang dipakainya tanpa terlebih dahulu mempelajari bahasa tersebut.

Selanjutnya, Stork dan Widdowson (1974:134) mengungkapkan bahwa pemerolehan bahasa dan akuisisi bahasa adalah suatu proses anak-anak mencapai kelancaran dalam bahasa ibunya. Kelancaran bahasa anak dapat diketahui dari perkembangan apa?

Huda (1987:1) menyatakan bahwa pemerolehan bahasa adalah proses alami di dalam diri seseorang menguasai bahasa. Pemerolehan bahasa biasanya didapatkan hasil kontak verbal dengan penutur asli lingkungan bahasa itu.

Dengan demikian, istilah pemerolehan bahasa mengacu ada penguasaan bahasa secara tidak disadari dan tidak terpegaruh oleh pengajaran bahasa tentang sistem kaidah dalam bahasa yang dipelajari.

Demikian mengenai Pemerolehan Bahasa Anak selanjutnya silahkan baca Pandangan Teori Pemerolehan Bahasa, semoga ada manfaatnya._Abdi Madrasah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »