Membangun Karakter Moderat : Modul Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Madrasah

Pada Minggu, Juli 12, 2020


Sahabat Abdima,
Salah satu tugas guru di madrasah adalah menemukan potensi, bakat dan minat peserta didik madrasah untuk meningkatkan kualitas lulusan madrasah. Selain memaksimalkan potensi dan bakat peserta didik, aspek lain yang tidak boleh dilupakan adalah penguatan karakter pesera didik madrasah pada aspek moderasi beragama dan revolusi mental. Kehebatan dan profesionalitas peserta didik madrasah harus seimbang dengan penguatan pada aspek moderasi beragam dan revolusi mental.

Sebagai panduan para Guru RA dan MI dalam rangka memperkuat karakter moderat siswa pada madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama telah menerbitkan sebuah Modul dengan judul “Membangun Karakter Moderat” Modul Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Madrasah RA-MI.

Pada jenjang MTs dan MA diterbitkan pula 
Modul dengan judul “Membangun Karakter Moderat” Modul Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Madrasah MTs-MA sebagai panduan bagu guru pada untuk memperkuat karakter moderat siswa pada madrasah.

Modul Membangun Karakter Moderat Siswa Madrasah

Pada sambutan dalam modul tersebut, Direktur KSKK Madrasah menyampaikan bahwa di masa depan, lulusan madrasah tidak hanya pintar secara intelektual tetapi juga berkarakter kuat pada aspek moderasi beragama dan revolusi mental. Dengan kata lain, Kita harus jujur, berbudaya, berkarakter, bermanfaat dan menjaga sopan santun terhadap sesama.

Terdapat tujuh topik dalam modul ini yang menjadi elemen pokok dari moderasi beragama, yaitu pembangunan karakter moderat, pengenalan kebangsaan, berlaku adil terhadap sesama, menjaga dan menjalin persaudaraan, bersikap santun dan bijak serta menjadi pribadi inovatif, kreatif dan mandiri. Topik-topik ini ditulis menyesuaikan dengan sasaran yakni level RA-MI dan level MTs-MA.

Konten dalam modul ini juga menjadi acuan dan salah satu bahan materi yang harus disampaikan kepada para peserta didik baru di Madrasah dalam kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)Tahun Pelajaran 2020/2021 pada kategori materi umum bagian kedua Karakter moderasi beragama dan kebangsaan.


Oleh karena itu selayaknya jika dalam rangka menghadapi dan menyusun materi kegiatan MATSAMA, masing-masing Madrasah telah memiliki Modul Membangun Karakter Moderat ini. Jika hingga saat ini ternaya belum memiliki Modul tersebut, silahkan rekan-rekan guru madrasah dapat mengunduhnya pada tautan dibawah ini :
MEMBANGUN KARAKTER MODERAT SISWA RA-MI

Sekali lagi bahwa Modul Membangun Karakter Moderat Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Madrasah merupakan upaya pembangunan karakter seorang siswa madrasah agar menjadi siswa yang moderat dan memiliki karakter ke-Indonesia-an. Karena itu, tema-tema dalam modul ini tidak hanya berkutat pada aspek keagamaan tapi juga memperkuat nilai-nilai kebangsaan. Terimakasih

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »