Download Materi MATSAMA (RA, MI, MTs dan MA) Tahun Pelajaran 2020/2021

Pada Senin, Juli 13, 2020


Sahabat Abdima,
Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan Madrasah pada semua jenjang, mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Kegiatan ini biasanya dikenal dengan istilah Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA).

Melalui kegiatan inilah, para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. Sehingga keberadaan dari MATSAMA ini akan turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di Madrasah pada masa selanjutnya.

Materi MATSAMA (RA, MI, MTs dan MA) Tahun Pelajaran 2020/2021

Untuk itulah, seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA harus lebih bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik. Sehingga dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan Matsama harus mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para peserta didik baru.

Selain itu, kegiatan MATSAMA ini tidak lepas dari motto Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Dirjend Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi “Hebat dan Bermartabat”; generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesiaan.

Namun demikian, karena tahun ajaran baru 2020/2021 bangsa Indonesia masih berada pada nuansa Pandemi Covid-19, maka pola pelaksanaan kegiatan MATSAMA pun harus menyesuaikan dengan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Meskipun, secara substansi, kegiatan tujuan dan visi dari kegiatan MATSAMA ini tetap mengarah pada tujuan awalnya.

Adapun untuk Materi MATSAMA Tahun Pelajaran 2020/2021 secara terlampir telah di tetapkan oleh oleh Dirjend Pendis melalui Surat Edaran Dirjend Pendis Nomor B.1072/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2020 Perihal Pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2020 antara lain :
  • Kemadrasahan (pengenalan lingkungan Madrasah), meliputi Kegiatan rutin (belajar mengajar), Fasilitas, Tata Tertib, Nilai dan norma yang berlaku, dan Kegiatan dan organisasi kesiswaan.
  • Karakter moderasi beragama dan kebangsaan
DOWNLOAD MATERI MATSAMA TAHUN 2020

Untuk lebih jelasnya mengenai Materi MATSAMA Tahun Pelajaran 2020/2021 silahkan unduh Surat Edaran Dirjend Pendis Perihal Pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) pada link yang telah kami tautkan di atas dan silahkan pelajari materinya pada lampiran 1 dan 2 pada surat edaran tersebut.

Adapun untuk materi Karakter moderasi beragama dan kebangsaan, mengacu pada buku modul “Membangun Karakter Moderat” yang telah diterbitkan oleh Dirjend Pendis Kementrian Agama, Jika belum memiliki modul tersebut silahkan unduh dibawah ini :
MODUL MEMBANGUN KARAKTER MODERAT

Demikian sekedar informasi mengenai Materi MATSAMA (RA, MI, MTs dan MA) Tahun Pelajaran 2020/2021, semoga ada manfaatnya dan selamat melaksanakan kegiatan MATSAMA bagi siswa di madrasah masing-masing baik secara Daring maupun Luring sesuai dengan kondisi dan kebijakan daerah di wilayah madrasah masing-masing.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »