Gara-Gara Belum Terima Buku, Madrasah Belum Laksanakan Kurikulum 2013

Pada Selasa, September 02, 2014


Kurikulum 2013 benar-benar unik, salah satu keunikanya menurut kami adalah berkenaan dengan kesiapan dan pendistribusian buku-buku untuk kurikulum 2013 tersebut. Akibat dari lambatnya pendistribusian buku kurikulum 2013 baik buku pegangan guru maupun buku pegangan siswa kurikulum 2013 untuk Madrasah, Kurikulum 2013 di madrasah yang sedianya sudah harus dilaksanakan mulai tahun ini untuk kelas 1 dan kelas 4 terpaksa belum dapat dilaksanakan dan masih menggunakan kuriuklum lama.

Dilema Bku Kurikulum 2013

Hal tersebut terjadi di Cianjur Jawa Barat, Seperti kami kutip dari situs harianterbit.com bahwa Penerapan Kurikulum 2013 (K13) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Cianjur, Jawa Barat, terlambat dilaksanakan. Pasalnya, hampir semua Madrasah belum menerima buku, bahkan masih banyak yang belum melakukan pemesanan.

Kasi Mapenda Kemenag Cianjur, Wawan Solihin, mengatakan, hingga saat ini semua Madrasah yang ada di wilayah tersebut, masih menggunakan kurikulum lama.
Beliau menambahkan :
“Belum dilaksakan Kurikulum 2013 di madrasah atau sekolah yang ada di lingkungan Kemenag Cianjur karena buku pegangan untuk guru maupun untuk siswa belum didistribusikan,” katanya, Minggu (31/8/2014).

Sungguh sangat disayangkan, hanya karena buku yang terlambat maka kurikulum di Madrasah pelaksanaanya juga ikut lambat, ya mudah-mudahan saja para siswa di Madrasah dianugerahi otak yang smart dan cepat tidak ikut-ikutan lambat.

Keterlambatan buku kurikulum 2013 untuk Madrasah sebenarnya tidak hanya terjadi di Cianjur Jawa Barat saja, bahkan mungkin melanda seluruh Madrasah di Indonesia, akan tetapi hal tersebut tidak harus menjadikan pelaksanaan kurikulum di madrasah jadi ikut terlambat atau bahkan belum dapat dilaksanakan.

Adanya keterlambatan pendistribusian buku sebenarnya dapat kita sikapi dengan cara mendownload buku-buku kurikulum 2013 baik buku-buku tematik maupun buku-buku PAI dan Bahasa Arab untuk Madrasah yang banyak bertebaran di internet untuk kemudian kita print out seperlunya untuk kita gunakan sambil menunggu buku-buku kurikulum 2013 di distribusikan. Terkecuali bagi daerah yang memang minim jaringan dan akses internet, mungkin dapat mencari alternatif yang lain.

Mudah-mudahan masalah pendistribusian dan ketersediaan buku kurikulum 2013 untuk Madrasah dapat segera terurarai dan dalam waktu dekat buku-buku tersebut sudah sampai di Madrasah agar pelaksanaan kurikulum 2013 di Madrasah dapat segera berjalan dengan maksimal.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »