Forum Abdima

Forum Abdi Madrasah

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (Arumi) Tahun 2018

Pada Minggu, Februari 04, 2018


Sahabat Abdima,
Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum sebagai seperangkat rencana mencakup tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian erat kaitannya dengan informasi seputar peserta didik dan pembelajarannya. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (Arumi) Tahun 2018

Dalam melaksanakan penilaian, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan. Mengelola pembelajaran dan penilaian dengan bermutu adalah tugas guru/pendidik dan satuan pendidikan. Dengan melaksanakan penilaian baik sumatif maupun formatif maka guru/pendidik akan hasil dari fungsi penilaian-penilaian tersebut :
  • Penilaian Sumatif, Penilaian ini berfungsi untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi peserta didik serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran peserta didik.
  • Penilaian Formatif, Penilaian ini berfungsi untuk mendiagnostik kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran, memberi petunjuk bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Pada kenyataannya banyak guru/pendidik yang mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian baik penilaian sumatif maupun formatif, lebih-lebih kaitanya dengan mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karenanya untuk mempermudah guru/pendidik dalam melaksanakan penilaian pada kurikulum 2013 diperlukan aplikasi pengolah nilai yang didalamnya dilengkapi dengan rumus-rumus yang telah disesuaikan dengan panduan penilaian yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (Arumi) merupakan salah satu aplikasi pengolah nilai yang di buat oleh seorang guru Madrasah Ibtidaiyah dan di dedikasikan bagi perkembangan dan kemajuan madrasah serta dalam rangka mempermudah guru/pendidik dalam mengolah nilai dalam proses pembelajaran pada madrasah khususnya pada jenjang madrasah ibtidaiyah.

Bagi rekan-rekan guru madrasah ibtidaiyah (MI) yang membutuhkan Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (Arumi) silahkan unduh pada tautan dibawah ini :
Pada aplikasi berformat excell tersebut sudah dilengkapi dengan petunjuk dan panduan yang jelas dalam menjalankan dan menggunakanya. Silahkan dibaca, dipelajari petunjuknya terlebih dahulu agar mudah dalam dan tidak ada masalah dalam perjalanan mengolah nilai.

Sebagaimana sedikit telah kami singgung pada paragraf sebelumnya bahwa aplikasi raport kurikulum 2013 ini dibuat oleh seorang guru madrasah ibtidaiyah. Untuk lebih jelas apa dan bagaimana jalan cerita pembuatan aplikasi ini silahkan buka tautan dibawah ini :
Tentang Arumi, Aplikasi Raport MI Jaman Now
Demikian sedikit apa yang dapat kami bagi hubunganya dengan Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (Arumi) Tahun 2018, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan guru madrasah dan segenap pengunjungan Abdi Madrasah.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »