Kemenag Kembangkan Empat Type Madrasah Demi Tingkatkan Kualitas

Pada Kamis, Februari 26, 2015


Type Madrasah

Sahabat Abdima,
Kementerian Agama terus berupaya secara serius dan kontinu untuk menggeser persepsi masyarakat bahwa madrasah yang banyak diasumsikan oleh masyarakat sebagai lembaga pendidikan keagamaan karena sekarang ini madrasah bukan lagi sebagai lembaga pendidikan keagamaan melainkan Madrasah adalah lembaga pendidikan formal (seperti halnya sekolah) yang memiliki ciri khas keislaman. Sehingga sekarang ini masyarakat memiliki pilihan apakah anaknya, ingin di masukkan di Madrasah atau disekolah.

Oleh karena hal tersebut diatas maka perlu adanya strategi khusus yang harus dilakukan untuk menjadikan madrasah sebagai pilihan, strategi yang telah diterapkan Kementerian Agama antara lain dengan melakukan perluasan akses dan mendesain peningkatan kualitas madrasah. Perluasan akses yang dimaksud dengan dikembangkanya empat type Madrasah.

  • Pertama : Madrasah Akademik
Madrasah type akademik yakni Madrasah yang aktifitasnya betul-betul penguatan akademik dan sains. Para siswanya diarahkan untuk mengikuti berbagai olimpiade sains sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan akademiknya. Prototipe yang sudah dikembangkan adalah Madrasah Aliyah Insan Cendikia.

  • Kedua : Madrasah Vokasi
Madrasah type Vokasi memiliki kelebihan karena mampu menggabungkan antara pendidikan ketrampilan dan pendidikan karakter. Berdasarkan penelitian The Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) yang menjadi mitra Dikbud dan Kemenag, kebutuhan tenaga kerja saat ini bukan hanya mengacu pada prestasi akademik, tetapi kejujuran, integritas. Konsep madrasah vokasi dibuat secara bottom up, mendekatkan diri dengan sentra-sentra usaha masyarakat, apalagi sebagian besar madrasah juga dikelola oleh masyarakat.

  • Ketiga : Madrasah Reguler
Madrasah type Reguler merupakan pola in between, yakni madrasah yang masih mencari jati diri, madrasah ini dipersilahkan untuk berkembang ke akademik ataupun ke vokasi.

  • Keempat : Madrasah Keagamaan
Madrasah type keagamaan diharapkan mampu mewujudkan lulusan-lulusan yang ahli dibidang agama sehingga akan menjadi para kader ulama'. Kader ulama ini bisa diwujudkan oleh pesantren yang punya madrasah atau madrasah yang fokus pada kajian keagamaan yang mendalam.

Jadi saat ini masyarakat mempunyai pilihan dengan beragamnya type madrasah, Kalau mau tafakkuh fiddien, ya yang tipe keempat. Mau yang saintis ya tipe yang pertama. Kalau mau siap dengan dunia kerja, ya tipe yang kedua.

Adapun mengenai kurikulumnya, semuanya sama. Perbedaannya adalah pada penguatan atau peminatannya. "Pengembangannya melalui kegiatan ekstrakurikuler atau dana pendampingan. Modelnya bisa dengan pemagangan ataupun melalui kemitraan.

Demikian info mengenai Kemenag Kembangkan Empat Tipe Madrasah Demi Tingkatkan Kualitas, semoga keempat type tersebut dapat terus dikembangkan dan dapat terus meningkatkan kualitasnya sesuai harapan kita semua.(Abdi Madrasah)
Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »