Download Kisi-kisi USBN PAI Tahun Pelajaran 2013/2014

Pada Rabu, Februari 05, 2014


Kisi-kisi USBN PAI 2014

Pendidikan Agama (Islam) menempati posisi strategis, karena spiritnya telah tercantum secara tegas di dalam rumusan sila pertama Pancasila, dan juga dalam UUD 1945 pasal 31, ayat (3) dinyatakan bahwa Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik pada pendidikan agama islam secara nasional untuk jenjang pendidikan dasar(SD, SMP) dan pendidikan menengah (SMA, SMK).

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam pada beberapa hari yang lalu telah menerbitkan kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam Tahun Pelajaran 2013/2014. Sekedar informasi bahwa USBN Pendidikan Agama Islam pada SD, SMP, SMA dan SMK telah dilaksanakan sejak tahun pelajaran 2008/2009 artinya pada tahun ini adalah tahun ke-6 adanya pelaksanaan USBN tersebut.

USBN Pendidikan Agama Islam berfungsi untuk : 
  1. Pemetaan mutu satuan pendidikan. 
  2. Salah satu pertimbangan dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan; dan 
  3. Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam. 
Pada pelaksanaan USBN PAI SD, SMP, SMA dan SMK tahun pelajaran 2013/2014 kali ini dilaksanakan sebagaimana tahun sebelumnya dimana Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama hanya akan menyiapkan Kisi-kisi Soal dan selanjutnya penyusunan soal sepenuhnya diserahkan kepada daerah dan sekolah, tentunya dengan memberdayakan organisasi profesi tenaga kependidikan PAI di daerah, seperti KKG PAI, MGMP-PAI dan Pokjawas PAI.

Kisi-kisi USBN PAI Tahun Pelajaran 2013/2014, silahkan dapat anda unduh pada tautan dibawah ini:

1
Kisi-kisi soal USBN PAI SD
unduh
2 Kisi-kisi soal USBN PAI SMP unduh
3 Kisi-kisi (Praktik) soal USBN PAI SMA unduh
4 Kisi-kisi (Tulis) soal USBN PAI SMA unduh
5 Kisi-kisi soal USBN PAI SMK unduh

Demikian info mengenai Kisi-kisi USBN PAI Tahun Pelajaran 2013/2014, semoga ada manfaatnya.(Abdi Madrasah)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »