Download POS UAMBN MTs dan MA Tahun Pelajaran 2013/2014

Pada Rabu, Januari 22, 2014


POS UAMBN 2014

Pada posting sebelumnya Abdi Madrasah telah berbagi informasi dan link unduhan mengenai POS dan Jadwal Kegiatan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2013/2014, bagi sekolah POS ini mungkin sudah cukup tapi bagi Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) dan Madrasah Aliyah (MA) tentulah POS tersebut belum cukup karena selain membutuhkan POS UN, Madrasah juga membutuhkan POS UAMBN Tahun Pelajaran 2013/2014.

Tertanggal 16 Januari 2014 Direktur Jenderal Pendidikan Islam yang lebih familier kita sebut Dirjen Pendis telah menetapkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 171 Tahun 2014 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2013/2014.

Dalam keputusan yang memuat tentang Prosedur Operasional Standar (POS) UAMBN tersebut antara lain menjelaskan mengenai Tujuan dan Fungsi adanya UAMBN, yaitu : 
UAMBN bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan,sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional.

UAMBN berfungsi sebagai : 
  • Bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah. 
  • Salah satu syarat ketentuan kelulusan. 
  • Umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran pada MTs dan MA. 
  • Alat pengendali mutu pendidikan.
  • Pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs dan MA.
Adapun mata pelajaran yang diujikan pada UAMBN meliputi : Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Ilmu Kalam, dan Bahasa Arab, sesuai dengan jenjang satuan pendidikan dan program. Ujian dilaksanakan melalui ujian tertulis sesuai dengan karakteristik mata pelalaran yang diujikan.

Dan yang tidak kalah penting untuk dicermati bahwa biaya penyelenggaraan UAMBN Tahun pelaiaran 2013/2014 ini dibebankan kepada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Jenderal Pendidikan lslam, Kanwil Kemenag Provinsi, Kementerian Agama Kab/Kota, Madrasah Negeri dan sumber lain yang sesuai dengan perundang-undangan. Lalu apakah hal ini mengindikasikan bahwa penyelenggaraan UAMBN di Madrasah (MTs/MA) swasta Gratis karena sudah dibiayai dari beberapa sumber DIPA diatas?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan hormat silahkan dipelajari sendiri POS UAMBN Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan mengunduh Filenya  DI SINI

Demikian info mengenai Download POS UAMBN MTs dan MA Tahun Pelajaran 2013/2014, semoga ada manfaatnya.(Abdi Madrasah)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »