Forum Abdima

Forum Abdi Madrasah

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

Kisi-Kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) MI Tahun Pelajaran 2017/2018

Pada Senin, Januari 29, 2018


Sahabat Abdima,
Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah yang kemudian disingkat UAMBD merupakan ujian akhir untuk muatan pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah Ibtidaiyah (MI). Adapun untuk jenjang di atasnya yakni MTs dan MA dilaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). UAMBD sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir ini seiring dengan perubahan kebijakan Oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) (pada tahun berapa kami lupa) bahwa di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar (MI/SD) tidak ada lagi Ujian Nasional melainkan hanya ada Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Hal tersebutlah yang kemudian meniadakan UAMBN pada MI dan diganti dengan adanya UAMBD.

Kisi-Kisi UAMBD MI Tahun Pelajaran 2017/2018

Pada tahun Pelajaran 2017/2018 ini Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menetapkan kebijakan baru terkait pelaksanaan ujian akhir pada jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Kebijakan baru tersebut adalah akan diterapkanya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi peserta didik di kelas 6 menggantikan kebijakan sebelumya yakni adanya Ujian Sekolah/madrasah (US/M). Jika kita kilas balik lebih jauh ke beberapa tahun yang lalu maka boleh dikata kebijakan ini kembali lagi ke dulu kala sebelum adanya kebijakan US/M pada jenjang sekolah dasar.

Ujian akhir untuk muatan pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) dulunya bersifat nasional atau UAMBN kemudian setelah adanya kebijakan hanya ada US/M pada SD/MI (tidak ada ujian nasional) maka berubah menjadi UAM/UAMBD. Pada tahun 2018 ini kebijakan kembali berubah yakni akan ada lagi ujian nasional pada jenjang SD/MI yang diberi nama USBN. Apakah UAMBD di MI akan berubah menjadi UAMBN lagi??? Entahlah ...

Pastinya Ditjen Pendis telah menerbitkan surat Keputusan Nomor 5527 Tahun 2017 Tentang Kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2017/2018. Sudah dapat ditebak dan dimaklumi bahwa lampiran pada surat keputusan tersebut berisi kisi-kisi UAMBN dan karena UAMBN maka peruntukanya adalah jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Namun hebatnya, kami mendapati dibeberapa link unduhan yang telah banyak beredar di dunia maya bahwa selain kisi-kisi UAMBN (MTs dan MA), dalam paket kisi-kisi tersebut juga terdapat kisi-kisi UAMBD (MI) dan sepaket pula dengan SK Ditjen Nomor 5527 Tahun 2017 yang telah di tetapkan tanggal 9 Oktober 2017. Jika memang dari sumber utamanya bahwa SK Ditjen, kisi-kisi UAMBN dan kisi-kisi UAMBD adalah satu paket maka dapat kami perkirakan bahwa pihak Kementerian Agama dalam hal ini Ditjen Pendis dan Direktorat KSKK tidak menyangka jika pada tahun 2018 ini bakal ada perubahan kebijakan yakni diterapkanya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada jenjang SD/MI.

Terlepas dari USBN akan berimbas pada UAMBD atau tidak, apakah UAMBD kembali menjadi UAMBN atau tidak, biarlah waktu yang menjawabnya. Adapun untuk saat ini bagi rekan-rekan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang membutuhkan Kisi-Kisi UAMBD MI Tahun Pelajaran 2017/2018 silahkan unduh pada tautan dibawah ini :
KISI-KISI UAMBD MI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

File unduhan Kisi-Kisi UAMBD MI Tahun Pelajaran 2017/2018 diatas berisi kisi-kisi lima muatan pelajaran meliputi :
  • Kisi-kisi UAMBD Mupel Al Quran Hadits
  • Kisi-kisi UAMBD Mupel Akidah Akhlak
  • Kisi-kisi UAMBD Mupel fIQIH
  • Kisi-kisi UAMBD Mupel SKI
  • Kisi-kisi UAMBD Mupel Bahasa Arab
Adapun untuk Kisi-Kisi UAMBN Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Kisi-Kisi UAMBD Untuk Madrasah Ibtidaiyah silahkan buka tautan dibawah ini :

Demikian info mengenai Kisi-Kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) MI Tahun Pelajaran 2017/2018,semoga bermanfaat khususnya bagi rekan-rekan guru madrasah ibtidaiyah (MI) dan umumnya bagi segenap sahabat Abdi Madrasah.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »