Mekanisme Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014

Pada Kamis, April 24, 2014


Emis pendis
Dalam upaya meningkatkan kualitas data Pendidikan Islam, sesungguhnya memang perlu untuk melakukan proses validasi dan verifikasi terhadap kelengkapan dan keakuratan seluruh variable data Pendidikan Islam yang dikumpulkan. Data tersebut harus memenuhi kriteria lengkap, akurat dan tepat waktu, sehingga dapat digunakan untuk mendukung proses pengambilan kebijakan dan perencanaan program Pendidikan Islam secara efektif, efisien dan tepat sasaran.

EMIS sebagai salah satu entitas penting dalam pengelolaan data baik di tingkat pusat maupun daerah, memiliki peran signifikan dalam pengambilan kebijakan, seperti BOS, BSM, dan digunakan untuk mendukung perumusan kebijakan program pendidikan Islam, dan penyusunan laporan rencana aksi Inpres Prioritas Nasional Tahun 2014.

Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 saat ini sudah mulai dilaksanakan oleh Operator Madrasah. Hal tersebut berdasarkan Surat Dirjen Pendis Kementerian Agama RI Nomor Dj.I/Set.I/1/HM.01/739/2014 Perihal pemutakhiran data EMIS Semester Genap Tahun 2013/2014.

Adapun Mekanisme Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut :
  1. Pemutakhiran Data EMIS dilakukan dengan mengisi/menginput data menggunakan format Excel yang telah disediakan Emis Pendis.
  2. Operator madrasah melakukan input data yang terdiri atas 3 file yakni : Lembaga, Personal dan Siswa sesuai dengan petunjuk yang ada.
  3. Data yang telah diinput tersebut setelah selesai selanjutnya dikirimkan ke Admin Kemenag kabupaten/kota untuk kemudian diteruskan ke Admin Kanwil dan ke Emis Pusat.
  4. Bagi rekan-rekan operator madrasah jangan lupa file yang telah dinput tersebut disimpan di komputer madrasah sebagai arsip dan jangan sampai hilang agar setiap saat siap apabila dibutuhkan. 
Untuk lebih jelasnya mengenai Mekanisme Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 silahkan dilihat video dibawah ini :



Demikian info mengenai Mekanisme Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014, semoga ada manfaatnya.(Abdi Madrasah)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »